Sabtu, 25 Agustus 2012

Marketing is Bulshit: Retorika Bisnis Era Modern


Judul: Marketing Is Bulshit
Meledakkan Profit dengan Kreatifitas & Otak Kanan
Penulis: Ippo Santosa
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Terbit: ke-19, Juli 2012
ISBN: 978-979-27-4339-5
Tebal: vvii+181 hlm

Peresensi: Ana FM

Persaingan di era modern ini ternyata mulai menjadi trend baru berkheidupan warga Indonesia. Rumus yang ada, siapa yang cepat dan menguasai medan (usaha) maka dapat. Demikian sebaliknya, siapa yang lambat maka akan ditinggal oleh kepastian. Sehingga wajar jika sejumlah orang (pengusaha) berkompetisi menjadi yang terbaik dan terdepan. Meski, ada juga sejumlah orang yang berjalan tertatih dalam menjalankan usahanya.

Buku garapan Ippo Santosa ini hadir menjawab problematika dunia usaha dewasa ini. Buku ini memang bukan segalanya, namun ulasan dalam buku ini sudah nyaris mewakili kebimbangan para pengusaha yang menekuni aktivitasnya. Banyak 'jamuan' tekhnik jitu dalam mengelola dunia usaha menjadi menguntungkan berlipat ganda. Bahkan, dalam buku ini dijelaskan tentang trik, tips dan tekhnik hebat orang terkenal di dunia. Sehingga buku ini terasa sangat lengkap untuk dijadikan referensi dalam menjelajahi dunia bisnis.

Sebagaimana logika bisnis, segala aktifitas di wilayah dunia usaha diharapkan mendatangkan pendapatan (uang). Menggeluti dunia bisnis ini tidak cukup bermodal dana. Dana memang sangat penting, namun pengetahuan dan pengalaman tak jauh penting. Dana dan pengetahuan ini menjadi modal utama dalam memantapkan bisnis yang dijalankan. Belajar kepada pengalaman kepada para tokoh dunia, mengerjakan aktifitas usaha ini harus dilakukan dengan matang dan rapi. Dalam arti, apa yang dijalankan seseorang tidak hanya sekedar kegiatan sambil lalu saja. Kondisi ini yang sering disebut dengan istilah fokus pada satu objek. Namun demikian, fokus saja tidak cukup dalam mengemas usaha menjadi bernilai keuntungan berlipat ganda, tetapi harus diimbangi dengan kreatifitas dan potensi diri yang memadai.

Penulis buku memberikan trik untuk menjadi pengusaha yang cerdas dan kreatif. Dengan mengutip pemikiran Michael Michalko diberikan cara bagaimana menjadi creatif marketer. Pertama, be distinctive. Maksudnya, amati dan cermati persoalan yang ada dengan pendekatan berbeda. Sehingga, persoalan yang ada menjali bagian penting dalam meraih kesuksesan. Jangan pernah takut menghadapi persoalan. Sebab, dengan persoalan ini seseorang akan menjadi lebih dewasa.

Kedua, be imaginative. membayangkan sesuatu bisnis yang mapan salah stu kunci sukses. Sejumlah tokoh dunia, sebut saja Albert Einstein selalu berjuang menemukan temuan baru. Pada awalnya, temuan-temuan Enstein ini didasari dari membayangkan sesuatu. Dan sesuatu itu dibayangkan menjadi salah satu temuan yang bakal menggemparkan jagad. (hl 119-120)

Ketiga, be productive. Hasil imajinasi itu dilanjutkan dengan mencoba menghasilkan sesuatu dengan lebih nyata. Nyata disini bagi marketer adalah mengasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi usahanya dan popularitasnya. Keempat, be combinative. Memadukan pengetahuan/pengalaman baru dari yang didapat sebelumnya dengan yang update pada titik kulminasi akan menghasilkan temuan baru. Trik keempat ini sudah menjadi syarat mutlak bagi orang menekuni dunia usaha bisnis oriented.

Kelima, be connective. Perjalanan usaha seseorang pasti akan dihadapkan kepada dua ujung arah. Yakni, arah keberuntungan dan kerugian. Menemukan koneksi (hubungan) dari aneka persoalan yang dihadapi akan menciptakan ledakan keberuntungan bagi seorang pengusaha. Bahkan, dengan strategi be connective ini akan juga mampu menciptakan rasa percaya diri dalam menjalankan sebuah usaha.

Selian kelima tips di atas, setiap marketer dituntut memiliki be contrary (mampu menyimpan dua hal yang saling berlawanan), dan tips lain yang satu sama lain saling berkelindan menyempurnakan. Keahlian, berani dan sukses adalah pilihan. Hari yang utama adalah bergerak dan bangkit dari keterpurukan. Selamat membaca, mencoba, dan menjadi jutawan!

*Penulis, Pecinta Buku dan Alumni PonPes An-Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep, Madura . Email: lembayung_88@yahoo.com

Sumber: Kompas
Editor :Jodhi Yudono

0 komentar:

Posting Komentar